UHAMKA melalui Prodi Pendidikan Geografi Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Bidang Sistem Informasi Geografi

Peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan membuat peta digital menggunakan perangkat lunak,  menjadi hal yang utama pada perkembangan masa kini bagi para praktisi bidang Sistem Informasi geografi, dan termasuk bagi para pendidik dilingkungan sekolah yaitu guru mata pelajaran geografi maupun rumpun IPS. Kebutuhan hal itu dijawab oleh Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA yang didukung oleh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat ( LPPM) UHAMKA dengan melakukan pelatihan pembuatan peta digital bagi guru geografi/IPS maupun yang mengajar bidang tematik spasial di tingkat SMA/MA dan SMP.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan tahapan pengumpulan dan sosialisasi metode kegiatan sejak Oktober 2017 dan dilanjutkan Praktik kegiatan pada akhir November lalu (30 November 2017),bertempat di Aula Buya Hamka FKIP UHAMKA Pasar Rebo, berjumlah 48 peserta. Meliputi peserta yang bersumber dari MGMP Geografi wil 2 Jakarta Timur, maupun MA dan SMP sekitar Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Kota Depo, dan kota Bekasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Siti Dahlia, M.Sc, Wira Fazri Rosyidin, M.Sc dan Dra Indah Meitasari, M.Si. ditambah narasumber Drs. Tricahyono, M.Si dengan prakarsa Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UHAMKA berkerja sama dengan mitra MGMP Wil 2 Jakarta Timur, Keluarga Alumni Geografi UHAMKA (Kagem)  dan Penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) PT Gramedia pustaka utama selaku penyedia meta data.

Diharapkan kegiatan ini menjadi ladang pengabdian bagi UHAMKA dibidang ilmiah dalam rangka pemberdayaan kepada masyarakat, serta dapat terus terjalin kerjasama dalam pengembangan ilmiah akademik. Ucapan terimakasih disampaikan kepada segenap pihak yang berpartisipasi dalam terwujudnya pelaksanaan acara pelatihan ini. (WFR)