Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat menyelenggarakan kegiatan Sosialiasi Penggunaan Simakip (Sistem Manajemen Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) kepada para Reviewer yang telah memenuhi persayaratan. Sosialisasi itu dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 8, FEB, Uhamka, 17 Oktober 2019.
Dalam kegiatan tersebut, ketua LPPM, Prof. Dr. Nani Solihati, M.Pd., memberikan pengantar terkait dengan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam proses penilaian.
“Sekarang tuntutan Ristekdikti semakin tinggi, untuk itu kegiatan pengabdian masyarakat juga harus menghasilkan luaran yang sesuasi dengan tuntutan tersebut,” jelasnya. Menurutnya, kegiatan pengabdian masyarakat saat ini bukan hanya mengatasi masalah para mitra, namun juga membuat dosen harus menghasilkan luaran lain yaitu artikel ilmiah dan publikasi di media massa. Dalam upaya menghasilkan luaran yang bagus tersebut, maka LPPM melakukan monitoring dan evaluasi.
“Jika dulu kegiatan ini harus tatap muka, sekarang proses monev dapat dilakukan dari rumah. Jadi memudahkan kita.” Tegasnya.
Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan Simakip dalam monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini disampaikan oleh Syarif Hidayatullah, M.Pd. Divisi Publikasi dan Komunikasi LPPM Uhamka. Hasil pemaparan ini kemudian disambut positif oleh para reviewer. Namun demikian ada beberapa masukan yang perlu dipertimbangkan dalam kegiatan tersebut. Ini menunjukkan tingginya antusias para reviewer untuk meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat di Uhamka.

Leave a Reply