KKN Bina Keluarga Lansia berjalan lancar. Kegiatan ini didukung sepenuhnya LPPM Uhamka melalui Divisi KKN. Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi perguruan tinggi, khususnya Uhamka yang dipilih oleh Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DKI Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di Kel. Kramat Pela, kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini diikuti oleh lima mahasiswa yang berasal dari dua program studi. Tiga dari Prodi Kesehatan Mahsyarakat dan dua lainnya dari Prodi Bimbingan dan Konseling. Mereka didampingi Prihayati, S.SiT, MKM, dosen Fikes UHAMKA dan Ony Linda, M.Kes, dekan Fikes Uhamka.

Kegiatan ini di laksanakan di Posyandu (8/10). Dihadiri oleh 41 Lansia yang aktif, didampingi oleh 1 Bidan, 1 Perawat, 6 pengurus dari kelurahan. Fokus kegiatan ini pada lansia yang datang,dibandingkan dengan ibu dan balita yang datang untuk cek di Posyandu. Kegiatan diawali dengan wawancara tentang keadaan kesehatan danĀ  psikis lansia serta diberikan leaflet yang berisi 9 Tips Gaya Hidup Sehat Pada Lansia, Permasalahan Psikologi Lansia, dan tips Menyikapi Perubahan Psikologi Lansia. Setelah itu, para peserta di cek gula darah dan tensi.

Hari berikutnya (9/10) kegiatan ini berpindah tempat ke halaman masjid Al-Huda. Kegiatan ini dihadiri dengan 43 Lansia yang aktif yang didampingi 1 Perawat, 3 pengurus dari kelurahan. Kegiatan hampir sama seperti kemarin, selain wawancara dilakukan juga cek kesehatan. Namun pada hari ini, kegiatan ditambah dengan penyuluhan kesehatan untuk para lansia yang disampaikan oleh Prihayati, S.SiT, MKM dan Ony Linda, M.Kes. Dengan pelaksanaan kegiatan ini, Uhamka menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan lansia.

Leave a Reply